MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN


METODE MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN
MANAJEMEN MUTU TERPADU
ANDANG FAZRI
FE Universitas Jambi

MenurutKotler
Sistemkeluhandan Saran
SurveiKepuasanPelanggan
Analisis Problem
Importantance-performance Analysis
Ghost Shopping
Lost Customer Analysis

A. SistemKeluhandan Saran
Ü  Perusahaan yang berorientasipelanggan, memerlukan saran, pendapatdankeluhanpelanggan.
Ü  Misaldengankotak saran, kartukomentar, dansaluranteleponkhusus (customer hotline)
Ü  Informasiinimemungkinkanperusahaanuntukmemberikanrespon yang cepatuntukmasalah yang timbul
Ü  Namunmetodeinipasif, dantidakmenggambarkankeadaanpelanggan yang sesungghnya, karenamungkinsebagianbesarpalangganmemilihberalihkeprodusen lain tanpamemberitahu. Apalagibilaperusahaantidakmemberikanimbal-balik yang memadaikepadaparapelanggan yang telah “bersusahpayahberpikiruntukmenumbangkan ide” bagiperusahaan.

B. SurveiKepuasanPelanggan
Ü  Dapatdilakukanmelaluipos, telepon, danwawancara.
Ü  Menghasilkantanggapandanumpanbaliklangsungsertamemberisinyalbahwaperusahaanpedulipadapelanggan.
Ü  Dapatdilakukandengancara:
Ü  Directly report satisfaction, misaldenganpertanyaan, “SeberapapuasSaudaraterhadappelayananPT.Phirus Jaya padaskalaberikut: Sangattidakpuas, tidakpuas,netral, puas, sangatpuas?
Ü  Derived dissatisfaction. Pertanyaanmenyangkut 2 halyaitubesarnyaharapanpelangganterhadapatributtertentu, danbesarnyakinerja yang merekarasakan.

C. Analisis Problem
Respondendimintauntukmengungkapkan 2 hal.
Pertama, masalah-masalah yang merekahadapiberkaitandenganpenawaranperusahaan.
Kedua, saran-saran untukmelakukanperbaikan.





D. Importance-Performance Analysis
Ü  Metodeinidiungkapkanpertama kali olehMartiladan James (1997)
Ü  Dalamteknikini, respondendimintauntukmerankingseberapabaikkinerjaperusahaandalammasing-masingatribut yang ditawarkan.

E. Ghost Shopping
Ü  Dilaksanakandengancaramempekerjakan Ghost Shopper untukberperansebagaipembelipotensialprodukperusahaandanpesaingberdasarkanpengalamanmerekadalampembelian produk2 tsb.
Ü  Ghost Shopper dapatmengamati/ menilaicaraperusahaandanpesaingmenjawabpertanyaandankeluhanpelanggan.
Ü  Ada baiknyaparamanajerterjunsebagai Ghost Shopper utkmengetahuibagaimanaparakaryawanberinteraksidanmemperlakukanpelanggan.

F. Lost Customer Analysis
Ü  Perusahaan berusahamenghubungiparapelanggannya yang telahberhentimembeliatauberalihkepemasok lain.
Ü  Agar diperolehinformasipenyebabterjadinyahaltersebut.
Ü  Info inisangatbermanfaatutkmengambilkebijakanselanjutnyagunameningkatkankepuasandanloyalitaspelanggan.

10 KunciSuksesMengukurKepuasanPelanggan (Peter dalamFandy – 1995):
1)   Frekuensisurvei (survei formal 2-3 bulansekali, informattiapbulan)
2)   Format (surveidilaksanakanpihak lain di luarperusahaan)
3)   Isi (pertanyaanstandar yang dapatdikuatifikasikan)
4)   Desainisi (sistematisdalammemperhatikansetiappandangan)
5)   Melibatkansetiap orang/karyawan (semuafungsidantingkatanorganisasi)
6)   Mengukurkepuasansetiap orang/pihak (pelangganlangsung - konsumen, pelanggantidaklangsung - dealer, retailer, wholesaler, sertapelanggan internal)
7)   Kombinasiberbagaiukuran (dibatasipadaskorkuantitatifgabungandaribeberapaindividu, kelompok/tim, fasilitas – pabrik/kantoroperasi/toko, dandivisi.
8)   Hubungandengankompensasidan reward (hasilpengukurandikaitkandengansistemkompensasi)
9)   Penggunaanukuransecarasimbolik (ukurankepuasandibuatdalamkalimatsederhanadanmudahdiingatsertaditempatkan di setiapbagianorganisasi)
10)               Bentukpengukuranlainnya (deskriptifkualitatifmengenaihubungankaryawandenganpelangganharusmencakuppenilaiansampaisejauhmanakaryawanmemilikiorientasipadakepuasanpelanggan)

KomunikasiTerus-menerus
Ü  Dari 10 kunci di atas, makauntukmengidentifikasikebutuhanpelanggan (eksternal/internal) adalahkomunikasisecaraterus-menerus.
Ü  Komunikasiantarkaryawan/pelanggan internal) adalahmenyampaikaninformasi (spesifikasi, standar, prosedur, metodekerja) sertamenyediakansaranabagikaryawanuntukmenyampaikanpandangandanidenya.
Ü  Dapatmenggunakan: gugusmutu (quality cycle), timantar-bagian, pembicaraansantaipadarehat kopi, dll.
Ü  Sedangkanperubahankebutuhanpelangganeksternaldisebabkanadanyateknologibaru, persainganpasar, perubahanselera, perubahansosial, konflikinternasinal, dll.

PenentuKualitasJasa (Kotler)
Ü  Keandalan
Ü  ketanggapan/keresponsifan
Ü  Keyakinan
Ü  Empati
Ü  Berwujud

Perusahaan yang suksesmembentukfokuspadapelanggan, memiliki 6 karakteristik:
Ü  Visi, komunikasi, dansuasana. Pimpinanselalumenunjukkansikapdantindakanbahwapelanggansangatpentingbagiperusahaan, manajerpunyakomitmenbesarthdkepuasanpelanggan, danmenjadikanfokusutamadalampromosikaryawandankompensasi.
Ü  Kesejajarandenganpelanggan
  • Pelanggansebagaipenasehatperusahaandalampenjualan
  • Karyawanmemahamiatributproduk yang paling dihargai/diharapkanpelanggan.
  • Masukandaripelanggandijadikansebagai program pengembanganpelanggan
Ü  Memanfaatkaninformasidaripelanggan.
Ü  Mendekatiparapelanggan.
Ü  Penyempurnaanprodukdan proses secarakontinu.


Comments

Popular posts from this blog

FOKUS KEPUASAN PELANGGAN

REFERENSI FRESH GRADUATE YANG MAU KERJA (JAMBI KHUSUSNYA)

tips buat kamu