KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU


KONSEP
MANAJEMEN MUTU TERPADU
(Total Quality Management)

PengertianKualitas
·         Kualitas sendiri memiliki banyak kriteria yang berubah secara terus-menerus.
·         Orang yang berbeda akan menilai dengan kriteria yang berlainan pula.
·         Orang akan sulit mendefinisikan kualitas dengan tepat, meskipun demikian kualitas dapat dirinci
ContohPenilaianKualitasBioskop :
·         Ketepatan waktu penayangan
·         Lingkungan atau tata ruang
·         Kursi yang nyaman/empuk
·         Harga
·         Pilihan film yang ditawarkan
·         Sound system
BeberapaDefinisiKualitas
·         Perfomance to the standard expected by the customer
·         Meeting the customer’s needs the first time and every time.
·         Providing our customers with products that consistently meet their needs and expectations.
·         Doing the right thing right the first time, always striving for improvement, and always satisfying the customers.
·         A pragmatic system of continual improvement, a way to succesfully organize men and machines.
·         The meaning of excellence
·         The unyielding and continuing effort by everyone in an organization to understand, meet, and exceed the needs of its customers.
·         The best product that you can produce with the materials that you have to work with.
·         Continous good product which a customer can trust.
·         Not only satisfying customers, but delighting them, innovating, creating.
KesamaandariDefinisi-definisi di atas :
·         Kualitas meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
·         Kualitas mencakup produk, manusia, proses, dan lingkungan.
·         Kualitas merupakan kondisi yang selalu berubah (misalnya apa yang dianggap merupaka kualitas saat ini mungkin dianggap kurang berkualitas pada masa mendatang).
DefinisiKualitasMenurutGoetsch dan Davis :
·         Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.
Definisi TQM (Ishikawa) :
·         TQM merupakan perpaduan semua fungsi dari perusahaan ke dalam falsafah holistik yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas, dan pengertian serta kepuasan pelanggan.
Definisi TQM (Santosa) :
·         TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi.
Definisi TQM (Tjiptono) :
·         TQM merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, manusia, proses, dan lingkungan.
Cara Mencapai TQM
·         Fokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal.
·         Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas
·         Menggunakan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
·         Memiliki komitmen jangka panjang
·         Membutuhkan kerja sama tim (teamwork)
·         Memperbaiki proses secara berkesinambungan
·         Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan
·         Memberikan kebebasan yang terkendali
·         Memiliki kesatuan tujuan
·         Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.
SejarahPerkembangan TQM
·         Evolusi gerakan total quality dimulai dr masa studi waktu dan gerak oleh Pelopor Manajemen Ilmiah Frederick Taylor pada tahun 1920-an.
·         Aspek yang paling fundamental dari manajemen ilmiah adalah adanya pemisahan antara perencanaan dan pelaksanaan
·         Pembagian tugas telah menimbulkan peningkatan besar dalam hal produktivitas, konsep pembagian tugas telah menyisihkan konsep lama mengenai keahlian/keterampilan, dimana individu yang sangat terampil melakukan semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk berkualitas.
·         Manajemen ilmiah Taylor mengatasi hal ini dengan membuat perencanaan tugas manajemen dan tugas tenaga kerja.
·         Untuk mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan maka dibentuklah departemen kualitas yang terpisah.
·         Sekalipun konsep TQM banyak dipengaruhi oleh perkembangan-perkembangan di Jepang, tetapi tidak dapat dinyatakan bahwa TQM adalah “made in Japan”. Karena (menurut Schmidt dan Finnigan) banyak aspek TQM yang bersumber dari Amerika
SejarahPerkembangan TQM
Aspek TQM yang dianggapberasaldariAmerika :
·         Manajemen ilmiah, yaitu berupaya menemukan satu cara terbaik dalam melakukan suatu pekerjaan.
·         Dinamika kelompok, yaitu mengutamakan dan mengorganisasikan kekuatan pengalaman kelompok.
·         Pelatihan dan pengembangan yang merupakan investasi dalam SDM
·         Keterlibatan karyawan
·         Sistem sosioteknikal, dimana organisasi beroperasi sebagai sistem yang terbuka.
·         Pengembangan organisasi
·         Budaya organisasi, yakni menyangkut keyakinan, mitos, dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku setiap orang dalam organisasi.
·         Teori kepemimpinan baru, yakni menginspirasikan dan memberdayakan orang lain untuk bertindak.
·         Konsep linking-pin dalam organiasasi, yaitu membentuk tim fungsional silang.
·         perencanaan strategik.


Comments

Popular posts from this blog

FOKUS KEPUASAN PELANGGAN

REFERENSI FRESH GRADUATE YANG MAU KERJA (JAMBI KHUSUSNYA)

tips buat kamu